Glory Road



Sebuah film yang menceritakan sejarah juara tim basket. Berdasarkan biografi Don Haskins yang membawa tim Texas Western College menjadi juara NCAA tahun 1966. Yang menjadikan prestasi ini dikenang adalah Don memasang starting line-up dengan 5 orang kulit hitam pertama.




Rasis sudah menjadi cerita umum bahwa warna kulit sering dijadikan alasan untuk pertentangan. Seperti yang dialami oleh Don Haskins (Josh Lucas). Berawal dari minimnya dana yang diberikan untuk merekrut pemain berbakat dari kampus, maka Don memutuskan untuk mencari pemain berbakat dengan caranya sendiri. Beberapa pemain jalanan yang memiliki gaya bermain basket non konvensional direkrut.

Membentuk tim yang berisi mayoritas kulit hitam menjadi tantangan tersendiri. Banyak yang menentang alasannya tentu saja karena warna kulit. Bukan saja Don yang mendapat perlakuan tidak menyenangkan tetapi juga keluarganya. Para pemain di tim itu pun tidak luput dari pelecehan. Belum lagi perselisihannya dengan pemainnya sendiri. Gaya melatih Don yang terlalu kaku dirasa mengganggu. Terutama untuk aturan slam dunk yang di masa itu dilarang.

Tim Texas Western College tahun 1966 terdiri dari David Lattin,Bobby Joe Hill,Willie Cager,Willie Worsley, Jerry Armstrong, Orsten Artis, Nevil Shed, Harry Flournoy, Togo Railey, Louis Baudoin, Dick Myers,dan David Palacio.

0 comments: