Men Of Honor



Carl Brashear (Gooding, Jr.) memiliki impian sejak masa kecilnya. Menjadi seorang marinir angkatan laut. Mungkin mimpi itu dinilai terlalu muluk untuk ukuran seorang anak kecil berkulit hitam seperti Carl. Apalagi ayahnya hanyalah seorang petani biasa.




Kentucky tahun 1948, Carl membuktikan bahwa mimpinya bukan semata-mata impian belaka. Carl meninggalkan kampung halamannya untuk bergabung dengan USS Hoist (ARS-40) United States Navy sebagai kelasi. Awalnya memang tidak sesuai dengan yang diharapkan, Carl bekerja di situ sebagai pegawai dapur.

Ketika pertama kali berjumpa dengan Master Chief Petty Officer Leslie William "Billy" Sunday (De Niro), impian Carl meningkat. Carl bermimpi suatu hari kelak dia bisa menjadi Master Chief. Yang tentunya tidak akan menjadi mudah. Terutama tentang warna kulitnya.

Niatnya yang keras membawa Carl sampai di Diving and Salvage School in Bayonne, New Jersey dimana Billy Sunday menjadi kepala instruktur. Begitu masuk di tempat ini Carl sudah dilecehkan. Harus menunggu seharian agar pintu gerbang dibuka untuknya. Begitu masuk, tidak ada satu angggota pun yang sudi tidur dalam satu barak dengan Carl kecuali satu orang Snowhill. Karena memang Carl satu-satunya angggota kulit hitam di sekolah itu.


Carl tidak menyerah meski Billy melakukan intimidasi. Carl sendiri memiliki prestasi cukup bagus di sekolah itu, tapi Billy tetap berusaha meyakinkan Carl bahwa dia tidak akan mampu menjadi penyelam.
Billy akhirnya "menyerah" melihat kerja keras Carl. Billy akhirnya mempertaruhkan jabatannya dengan meluluskan Carl sebagai penyelam. Beberapa waktu kemudian, nasib Carl dan Billy menjadi terbalik. Carl sukses menjadi penyelam di Angkatan Laut, Billy menjadi pesakitan karena sifat temperamennya.

Sebuah ujian datang kembali, ketika Carl mengalami kecelakaan sehabis menemukan sisa bom atom milik militer Amerika. Kaki kirinya mengalami cacat permanen. Impian menjadi Master Chief sepertinya akan terkubur.
Billy yang merasa bahwa semua orang berhak mencapai impiannya terlepas apa warna kulitnya atau ras nya, memberikan sebuah artikel tentang pilot yang memiliki satu kaki.

Sejak saat itu, Carl memutuskan untuk mengamputasi kaki kiri nya, dan memakai kaki palsu. Dan kembali meneruskan impiannya menjadi Master Chief meski dengan satu kaki.
Film ini berdasarkan kisah hidup Master Chief Petty Officer Carl Brashear, African-American Master Diver pertama di United States Navy.

0 comments: