The Bank Job



Michael X (Peter de Jersey) adalah penjahat yang sedang diburu pemerintah Inggris. Namun, tidak bisa begitu saja menyeret Michael X. Michael X memiliki beberapa photo-photo dokumentasi yang berisi skandal seks keluarga kerajaan Inggris. Photo-photo itu disimpan dalam sebuah safety box sebuah bank yang berlokasi di Baker Street, London.



Tim Everett (Richard Lintern) bertugas menyelesaikan masalah ini. Dengan kuasanya, dia menugaskan bawahan nya Gale Benson (Hattie Morahan) sebagai mata-mata yang masuk ke keluarga besar Michael X untuk mencari negatif photo skandal itu.

Martine Love (Saffron Burrows) ditangkap di bandara karena kedapatan membawa obat terlarang. Oleh Tim, Martine diberikan sebuah tawaran untuk kembali bebas. Martine harus menghubungi koneksi-koneksinya untuk membobol bank Baker Street, London. Targetnya adalah sebuah safety box No. 118. Tentu saja Martine tidak memiliki pilihan kecuali menyanggupi Tim.

Martine menghubungi Terry Leather (Jason Statham) yang merupakan penjahat kelas teri. Dan mencoba merayu untuk mau melakukan misi membobol bank Baker Street. Terry yang sedang kesulitan keungan menyanggupi permintaan Martine karena Martine memiliki informasi tentang keadaan di dalam bank.

Terry bersama kelompoknya membagi tugas. Terry merekrut 5 orang temannya untuk membantu. Masing-masing memiliki tugas dan keahlian sendiri-sendiri.
Semua berjalan lancar. Bank Baker Street berhasil dibobol dengan mudah nya. Hampir semua safety box berhasil dibuka paksa. Terry sendiri menaruh curiga ketika Martine hanya mau membuka safety box No.118.
Perampokan ini bukan saja berhasil membawa photo-photo milik Micahel X. Namun juga hampir semua bukti skandal-skandal besar milik pejabat Inggris disimpan di bank ini. Selain uang jutaan nilainya, Terry dan kelompoknya mendapat masalah di sana-sini.

Karena kecerobohan kecil, aksi mereka meninggalkan cacat. Dave Shilling (Daniel Mays) tidak menyadari bahwa dirinya yang menjadi aktor porno ternyata dikenali seorang produser Lew Vogel (David Suchet). Lew Vogel sendiri memiliki bukti daftar polisi Inggris yang terlibat korupsi besar-besaran dengan memeras para pengusaha hiburan.
Dave Shilling pun "bernyanyi" di depan Vogel yang membawa dirinya tewas ditembak.

Kini, giliran anak buah Terry, Eddie Burton (Michael Jibson) yang ditangkap Vogel. Terry sendiri bukanlah penjahat kelas teri biasa. Dengan cerdik, Terry membuat persetujuan dengan pejabat Inggris dan polisi Inggris. Terry meminta kebebasan dan kekebalan hukum bagi semua kelompoknya.

Film yang diangkat dari sebuah kisah nyata perampokan bank di Inggris tahun 1971 ini berhasil membongkar beberapa skandal besar di Inggris. Tidak kurang 4 juta poundsterling berhasil dibawa oleh kelompok Terry. Dan para pemilik safety box di Baker Street tidak membuat klaim sama sekali. Di pihak Terry sendiri selain kehilangan Dave Shilling yang tewas, Bambas (Alki David) dan Guy Singer (James Faulkner) juga tewas.

0 comments: