Mountain Patrol (China)



Kekexili adalah daerah di Tibet setinggi 4700 meter yang merupakan habitat tunggal Antelop Tibet.
Tahun 1985, pemburu liar mulai melakukan perburuan liar terhadap bulu antelop yang sangt mahal di pasaran. Dalam beberapa tahun, jumlah antelop merosot tajam. Sukarelawan patroli sipil dibentuk pada tahun 1993 untuk memerangi pemburu.

Mountain Patrol dipimpin oleh Ritai, seorang perwira Tibet yang telah pensiun. Mountain Patrol berperang ganas menghadapi para pemburu liar. Tidak jarang harus berkahir dengan korban nyawa. Pertikaian itu segera menarik pehatian dunia. Salah satu tragedi, musim dingin 1996, seorang pemburu liar meregang nyawa.

Untuk itu lah, seorang wartawan Beijing, Gayu , diminta untuk meliput di daerah Kekexili. Di sana, Gayu mengikuti petualangan para anggota Mountain Patrol yang melakukan pengejaran terhadap pemburu liar.

Melalui kesaksian Gayu, dapat dilihat, banyak juga warga sipil yang ikut terlibat. Mereka menyelundupkan bulu antelop ke luar Tibet. Bahkan ada beberapa orang yang menjadi langganan ditangkap oleh pasukan Ritai.

Selama perjalanan dengan Ritai serta anggota Mountai Patrol, Gayu juga menyaksikan kegilaan para pemburu liar. Mereka menemukan tidak kurang dari 400 bangkai antelop di gurun Tibet.

Sebagai tenaga swadaya, Mountain Patrol tentu saja tidak menerima gaji dari pemerintah. Hal itu kadang memaksa para anggota juga menjual bulu antelop secara diam-diam. Belum lagi ganas nya gurun Tibet yang mengandung pasir hisap. Hingga musim dingin yang bisa membuat para anggota Mountain Patrol mati membeku.

Ketika mereka hampir saja menangkap para pemburu liar, anggota Mountain Patrol banyak yang berguguran. Ritai sendiri tewas di tangan pemimpin pemburu liar. Beruntung Gayu yang merupakan wartawan dan bukan anggota Mountain Patrol, Gayu dibebaskan.

Gayu kembali ke Beijing. Liputannya mengguncang negara. 4 anggota Mountain Patrol ditangkap karena menjual bulu antelop. Setahun kemudian, pemerintah Cina menyatakan Kekexili menjadi Cagar Alam. Dan mendirikan Biro Keamanan Masyarakat untuk melindungi Cagar Alam. Mountain Patrol dibubarkan dan perdagangan wol antelop Tibet kini dilarang.

Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata tentang Kekexili: Mountain Patrol 1993-1996.

0 comments: