In The Valley Of Elah



In The Valley Of Elah adalah kisah kepahlawanan Daud melawan Goliat. Di sini disimbolkan seseorang yang kecil dan biasa dengan gagah berani menghadapi kekuatan raksasa seorang diri meski hanya bersenjatakan sederhana.





Hank Deerfield (Tommy Lee Jones) menerima kabar bahwa anaknya, Mike (Jonathan Tucker) telah kembali pulang setelah dinas militer di Iraq. Hanya saja keberadaan Mike belum diketahui. Atau boleh dibilang "hilang".

Hank memutuskan untuk pergi berkunjung ke base camp militer AS. Tidak ada barang berarti yang ditinggalkan Mike. Hanya sebuah ponsel yang menyimpan gambar-gambar tentang perjalanan dinas di Iraq.

Hank berusaha mengusut kasus hilangnya anaknya itu. Pihak militer pun tidak mau ikut campur. Hank pergi ke polisi setempat , namun sama saja tidak ada yang mau peduli dengan kasusnya. Alasan nya sederhana, anak Hank adalah tentara, tentu saja Polisi Militer yang berkewajiban mengusutnya dan bukan polisi.

Tidak mau putus asa, Hank tetap bersikeras untuk tinggal di motel sederhana di daerah hilangnya anaknya. Hingga suatu hari diterima kabar bahwa anaknya telah tewas. Yang lebih mengerikan adalah Mike tewas dengan kondisi terbakar dan terpotong-potong yang sebelumnya ditikam berkali-kali.

Dugaan awal, Mike dibunuh oleh geng narkoba di daerah itu, sebagai bukti dugaan itu ditemukan obat-obatan di kantung Mike. Namun, Hank tidak percaya sampai di keterangan itu. Sebagai veteran perang, Hank melihat ada kejangggalan di TKP. Posisi mayat Mike seperti sudah diatur.

Di sini lah, awal penyelidikan Mike dimulai, dengan bantuan Det. Emily Sanders (Charlize Theron), Hank mendatangi tempat-tempat yang dimungkinkan dikunjungi Mike. Bar-bar erotis hingga rumah makan. Hasilnya terlihat bahwa sebelum Mike meningggal, Mike terlihat bersama teman-teman satu peleton nya.

Ironisnya, pembunuhan Mike bukan lah karena narkoba, tetapi karena stress yang dialami tentara sepulang dari Iraq. Dan, Mike terbunuh karena urusan yang bisa dibilang sepele, bercanda dalam kondisi setengah mabuk.

0 comments: