Tears Of The Sun



Nigeria bergejolak. Jend.Mustafa Yakubu memimpin kudeta terhadap Presiden Samuel Azuka. Selain itu, sejarah perang etnis masih berlanjut antara suku Muslim dan Ibo Kristiani. Suku Ibo terdesak dan berusaha mencari perlindungan. Militer AS bergerak dengan mengevakuasi warganya di Nigeria.




Di atas kapal induk, Captain Bill Rhodes (Tom Skerritt) menugaskan pasukan elite SEAL yang dipimpin oleh Lt.A.K. Waters (Bruce Willis) dan 6 anak buahnya untuk mengevakuasi Dr. Lena Fiore Kendricks (Monica Bellucci) sebagai target utama. Di samping itu Pastur dan biarawati sukarelawan di Nigeria. Lena Kendricks sendiri bekerja sebagai dokter sukarela yang merawat para korban perang Nigeria.

Setelah mendarat di Nigeria, tim Waters mulai bergerak, namun ada sedikit halangan. Lena tidak mau dievakuasi tanpa warganya. Lena ingin dievakuasi ke Kamerun beserta para pasiennya. Setelah negosiasi, disepakati Lena bisa membawa sejumlah pasiennya. Para tetua,wanita,dan anak kecil semakin menghambat langkah mereka. 
Melalui perdebatan sengit antara Lena dan Lt.Waters, Lena berhasil diangkut ke helikopter. Pasien yang dibawa serta pada awal perjalanan ditinggal begitu saja. Dalam perjalanan udara, Lt.Waters melihat pembantaian yang menimpa Pastur,para biarawati, serta para korban perang teman Lena. Sebuah dilema bagi Lt.Waters, menjalanakan misi atau menyelamatkan pasien yang tersisa... Akhirnya, Lt.Waters tergerak membantu untuk mengevakuasi pasien Lena ke tempat yang aman, yaitu Kamerun.

Seharusnya, evakuasi bukanlah hal terlarang. Namun, tanpa disadari di antara pasien yang dibawa ada seorang yang diincar oleh pemberontak Yakubu. Seorang putra presiden dan penerus suku. Inilah, yang membuat perjalan semakin rumit. Dari sebuah misi evakuasi sederhana berubah menjadi perang.


Film produksi tahun 2003 ini selain dibintang oleh Bruce Willis juga terdapat beberapa nama seperti Monica Bellucci,Cole Hauser,Nick Chinlund, dan disutradari oleh Antoine Fuqua. Two thumbs up!!!

0 comments: