Black Hawk Down



Talk about Black Hawk Down movie in English

Somalia 1992. Perang antar suku melahirkan bencana kelaparan. Mohammed Farrah Aidid pemimpin suku terkuat menguasai ibukota Somalia, Mogadishu. Kelaparan adalah senjatanya, bantuan pangan dari luar Somalia dihadang. Dunia merespon dengan pasukan PBB dan Amerika mencoba memulihkan ketertiban di Somalia.
April 1993, Aidid menunggu ditariknya pasukan perdamaian dari Somalia, lalu menyatakan perang dengan pasukan PBB yang masih tersisa.
Agustus 1993, AS mengirimkan Delta Force,Army Rangers,dan 160th Soar untuk menangkap Aidid. Misi harusnya berjalan 3 minggu, namun setelah 1 bulan lebih pemerintah AS di Washington mulai tidak sabar.

Misi utama pada hari itu adalah menangkap para petinggi pemerintahan Aidid. Dengan harapan tertangkapnya orang-orang dekatnya, Aidid akan lumpuh. Para petinggi pemerintahan Aidid menurut intel akan melaksanakan rapat di daerah Bakaara Market. Sebagai pemimpin misi itu Jend.William F. Garrison, menugaskan pasukan elite nya untuk melakukan penyergapan dari darat dan dikawal dari udara. Rencana misi itu akan berjalan tidak akan lama... Milisi Somalia tidak tinggal diam.
Matt Eversmann, salah satu komandan prajurit yang bertugas mengawal dari udara, mendapat masalah pertama, anak buahnya Todd Blackburn terjatuh dari helikopter. Jatuhnya Todd sedikit mengganggu misi itu.
Setelah mencapai target sasaran, evakuasi tawanan berjalan agak lambat. Pasukan pengawal udara helikopter Black Hawk lengah dan tertembak.Black Hawk jatuh...
Misi bertambah menjadi penyelamatan anggota pilot Black Hawk dan meledakkan helikopter jatuh itu. No one left behind... bahkan mayat prajurit sekalipun, semua harus dibawa pulang ke markas bersama tawanan.Matt Eversmann dan pasukannya mendapatkan misi mengamankan lokasi jatuhnya heli Black Hawk.
Belum lagi misi selesai, pasukan As yang mengevakuasi tawanan petinggi Aidid mendapatkan perlawanan sengit dari milisi Somalia. Banyak yang terluka dan tewas. Misi itu semakin rumit ketika heli Black Hawk kedua tertembak dan jatuh...
Kini, para prajurit itu harus bertahan mengamankan lokasi jatuhnya Black Hawk, bertahan dan terus menerus kontak senjata dengan milisi yang mengepung. Sebuah misi yang direncanakan singkat berubah menjadi perang besar. Misi yang bertujuan menangkap Aidid berubah menjadi misi menjemput paukan Ranger AS yang tertinggal di tengah kota Mogadishu...


Film yang diangkat dari kejadian nyata ini dibintangi antara lain : Josh Hartnett,Ewan McGregor,Tom Sizemore,Eric Bana.


Black Hawk Down [Blu-ray] (2001)

0 comments: