Ali



Muhammad Ali adalah legenda dalam dunia tinju. Bukan saja sosok nya yang terlalu percaya diri (Besar Mulut)namun juga sederet prestasi yang disandangnya. Keangkuhan Ali memang beralasan, semua itu dibayar Ali dengan kemenangan di atas ring. Gelar juara dunia dari pertarungan melawan Sonny Liston, membawa kehidupan baru bagi Muhammad Ali.

Sebelum menjadi Muhammad Ali, nama asli nya adalah Cassius Clay. Nama Muhammad Ali sendiri diberikan oleh salah satu tokoh kulit hitam Elijah Muhammad. Selain nama baru, Muhammad Ali juga resmi masuk Islam.
Memiliki kepercayaan baru ternyata membawa dampak publisitas Ali. Semua media selalu mempertanyakan tentang kepercayaan Ali. Bukan saja masalah gama, di luar ring tinju Ali juga aktif di organisasi Islam.

Hubungan cinta Ali juga tidak hanya dengan satu wanita. Dalam film ini, tercatat ada 3 wanita yang sempat berlabuh di kehidupan legenda juara dunia ini. Sonji Roi,Belinda, dan Veronica Porsche Ali.

Setelah menjadi juara dunia, Ali sempat dipanggil tugas negara untuk mengikuti program Wajib Militer yang akan dikirim ke Vietnam. Namun secara tegas, Ali menolak. Bukan saja merasa tidak merasa memiliki dendam dengan orang Vietnam, Ali juga tidak mau dipanggil dengan nama Cassius Clay. Ali pun bisa bebas dengan membayar denda sebagai ganti hukuman penjara.
Masalah dengan negara tentu saja membuat Ali kewalahan. ijin bertandingnya dicabut. Dan, Ali sempat hampir bangkrut. Keuangannya berantakan. Memaksa Ali mencari cara bagaimanapun juga harus naik ring kembali. Kesempatan datang ketika gelar juara dunia dipegang oleh Joe Frazier. Pertandingan bisa dilaksanakan namun sayangnya Ali menderita kekalahan.

Pertarungan ulang yang direncankan mengalami perubahan. Joe kalah dalam pertarungannya dengan George Foreman. Gelar juara pun berpindah tangan ke George Foreman.


Sebuah pertarungan dipromotori Don King, antara Muhammad Ali dan George Foreman pun diadakan. Sejarah mencatat, pertarungan tinju besar diadakan di Zaire dengan judul "Rumble In THe Jungle". Bukan saja bersejarah bagi Zaire, pertarungan pertama di Zaire membawa kesan mendalam bagi Ali. Nmanya ternyata dikenal luas oleh dunia. Ali dielu-elukan di setiap sudut jalan Zaire.


Film biografi Muhammad Ali ini bukan saja bercerita tentang kehidupan Ali di atas ring tapi juga tentang bagaimana kehidupan seorang jura dunia di luar ring. Ada empat hal dalam dunia Ali saat itu, yaitu uang,politik,agama,dan wanita. Sederet nama ikut membintangi film ini Will Smith,Jon Voight,Jamie Foxx,Ron Silver,Jeffrey Wright.

0 comments: