Escape From Huang Shi



1930 seluruh daratan Cina terjadi perang saudara. Tidak kurang Jepang melakukan invasi. Shanghai dijadikan tempat persembunyian Jepang. Tahun 1937, Jepang melakukan invasi berdarah ke Nanjing. Jarak antara Shanghai dan Nanjing hanya beberapa jam. Wartawan dari penjuru dunia beramai-ramai datang ke China. Mereka keluar masuk Shanghai untuk mencari jalan menuju ke Nanjing. Salah satu dari mereka adalah wartawan Inggris Goerge Hogg.

George Hogg (Jonathan Rhys-Meyers) berhasil memasuki Nanjing dengan penyamaran sebagai petugas Palang Merah Dunia. Goerge berhasil mendokumentasikan beberapa wilayah yang telah hancur karena perang. Secara kebetulan Goerge juga mendokumentasikan kegiatan tentara Jepang. Salah satunya adalah pembunuhan massal yang dilakukan Jepang di sebuah tanah terbuka. Sayangnya, aksi Goerge yang menyusup diam-diam tertangkap prajurit Jepang. George Hogg diputuskan untuk dihukum mati dengan dipenggal.

Chen Hansheng (Chow Yun-Fat)pejuang lokal Cina menyelamatkan George dari prajurit Jepang. Kemudian mereka melarikan diri. Dalam keadaan terluka Chen membawa George ke rumah sakit darurat.

Di rumah sakit George berjumpa dengan Lee Pearson (Radha Mitchell)yang bekerja sebagai sukarelawan. Atas saran Lee Pearson, Chen membawa George ke Huang Shi. Disana ada sekitar 60 anak kecil dan penduduk yang belum tersentuh dunia luar.

George kemudian mulai memberi pengaruhnya. George mengajarkan bagaimana menjaga kebersihan, mengajarkan permainan basket, memperkenalkan pentingnya listrik, serta mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak.
Selama menolong warga Huang Shi, George berjumpa dengan Mrs. Wang (Michelle Yeoh). Meski kegiatan Mrs.Wang berhubungan dengan opium, namun Mrs.Wang bersedia menyuplai bahan makanan untuk warga Huang Shi. Selain itu, lewat Mrs.Wang, George mengenal Jalur Sutra.

Kelak, lewat Jalur Sutra George, bersama dengan Chen dan Lee , membawa warga Huang Shi keluar ke tempat yang lebih aman. Mereka menempuh 900km dengan berjalan kaki selama 3 bulan. Melewati daerah Liu Pan Shan hingga sebuah gurun di Mongolia. Salam perjalanan George sempat terluka ketika sedang memperbaiki truk pengangkut. Diperkirakan akibat luka itu, George terserang penyakit ganas tetanus. Tahun 1945 George Hogg meninggal dunia.

0 comments: