Troy



Kita akan diburu oleh keabadian. Tapi akankah kita dikenang hingga berabad kemudian? Akankah orang asing yang mendengar nama kita lama setelah kita mati, ingin tahu siapa kita, betapa gagah berani kita berperang, atau betapa besar kita dicintai?

Perdamaian Sparta dan Troya terpaksa berakhir hanya karena kisah asmara terlarang. Helen yang merupakan istri dari terlibat asmara dengan pangeran muda Troya, Paris. Bukan itu saja, Paris malah membawa lari Helen ke kampung halamannya Troya.
Mengetahui hal itu, Agamemnon menggunakan alasan "penculikan" Helen sebagai penghinaan sekaligus kesempatan untuk memperluas daerah kekuasaannya di daratan Yunani. Karena bagaimana pun jua, Troya merupakan salah satu kerajaan besar di daratan Yunani.



Keserakahan Agamemnon memang tidak perlu diragukan lagi,dan diantara ribuan prajurit bawahan Agamemnon hanya seorang yang berani melawan Agamemnon. Bahkan Agamemnon pun tidak berani melawannya. Dialah Achiiles dan segenap pasukan Myrmidon-nya.
Achiiles dan pasukan Myrmidon adalah pasukan terhebat yang dimiliki Agamemnon. Kabarnya, Achiiles adalah anak dewi yang memiliki kekuatan di atas manusia biasa. Meski berdiri di bawah kekuasaan Agamemnon, Achiiles enggan mengakui Agamemnon sebagai rajanya. Namun kini, Achiiles diminta untuk ikut bertempur melawan Troya.

Hanya dua orang yang mampu membujuk Achiiles ikut berperang. Sang ibunda yang bijak serta Odysseus ,ahli strategi, orang yang paling dihormati oleh Achiiles di Yunani. Alasan Achiiles mau ikut berperang adalah karena perang ini merupakan perang tebesar Yunani pada jaman itu.
Cukup satu serangan yang dilakukan oleh Achiiles dan 50 orang prajurit Myrmidon, pasukan garis depan Troya kocar-kacir. Daerah pantai Troya berhasil direbut dalam waktu singkat. Hanya satu orang Troya yang tidak dibunuh oleh Achiiles, Brisies keponakan Priam raja Troya. Alasannya sederhana, Achiiles jatuh hati pada Brisies.

Agamemnon kembali berulah, Briseis direbut dari tangan Achiiles. Tentu saja Achiiles berang dan memutuskan tidak ikut berperang melawan Troya.
Hari yang ditentukan tiba, Agamemnon mendatangi tembok kerajaan Troya bersama puluhan ribu prajurit Yunani tanpa Achiiles.
Sedangkan di pihak Troya ribuan prajurit berkumpul di pintu gerbang utama tembok kerajaan membentuk pagar betis di bawah pimpinan Hector dan Paris.
Benar saja, tanpa Achiiles, pasukan Agamemnon dibuat kocar-kacir dan dipukul mundur. Tembok Troya terlalu tangguh bagi Agamemnon.

Melihat kekalahan Agamemnon itu, Troya merasa di atas angin. Meski kurang sependapat, Hector terpaksa memimpin pasukan Troya menyerang balik Yunani. Hasilnya, tidak ada yang menang maupun kalah. Korban berjatuhan di kedua pihak. Salah satunya Patroclus, sepupu kesayangan Achiiles, yang tewas di ujung pedang Hector. Yang artinya, Hector telah membangunkan macan tidur. Mengetahui kematian Patroclus, Achiiles seperti macan kelaparan. Buas dan marah.

Bila Agamemnon mendatangi tembok kerajaan Troya dengan ribuan pasukannya, tidak begitu halnya dengan Achiiles. Seorang diri Achiiles mendatangi tembok kerajaan Troya menuntut balas nyawa sepupunya Patroclus. Achiiles menantang duel satu lawan satu dengan Hector.



Duel itu berakhir dengan tewasnya Hector di tangan Achiiles. Dan dengan tewasnya Hector, kesempatan bagi Yunani untuk menaklukan Troya terbuka lebar. Kini, tinggal bagaimana menembus tangguhnya tembok kerajaan Troya.

Disini, sebuah sejarah mencatat peristiwa penting dalam sejarah yang dikenal dengan Patung Kuda Troya. Dimana pasukan Yunani dengan cerdik dan sabar menunggu saat yang tepat meski harus terkurung di dalam patung kuda raksasa untuk menunggu larutnya malam.

TroyDalam pertempuran itu, Troya berhasil ditaklukan. Namun, Achiiles tewas di tangan Paris. Achiiles bertempur tanpa pasukan Myrmidon-nya. Sengaja Achiiles mengutus para prajuritnya pulang kembali ke Yunani, karena Achiiles tidak sudi pasukannya bertempur untuk Agamemnon, seorang raja yang serakah dan tidak pernah menghargai jasa seorang prajurit yang mempertaruhkan nyawa demi ambisinya. Achiiles dikenang sepanjang masa sebagai pahlawan...

Talk about Troy in English at allmovie.com

0 comments: