The Taking of Pelham 123



Read The Taking of Pelham 123 on English at allmovie.com

Hidup mungkin hanya memberi dua pilihan pada manusia. Menjadi pribadi yang baik atau menjadi pribadi yang buruk. Seperti itulah kisah yang ada di dalam film besutan Tony Scott yang bekisah tentang pembajakan sebuah kereta api bawah tanah di kota terbesar di dunia, New York.

Walter Garber (Denzel Washington) adalah seorang pekerja keras bekerja di Rail Control Center sebagai pengawas jalur kereta api bawah tanah. Pada saat itu, dia sedang menjalani pengawasan ( atau lebih tepatnya masa percobaan ) karena masih tersandung sebuah kasus dugaan suap. Pada hari sibuk, Garber mendapatkan sebuah gambar bahwa kereta Pelham 123 berjalan tidak sesuai jalurnya serta kereta Pelham 123 terlihat melepaskan diri hingga menyisakan satu gerbong saja di rel.

Ryder / Dennis Ford (John Travolta) adalah mantan napi yang baru saja menghirup udara bebas. Sebelumnya dia bekerja di Wall Street sebagai pemain saham besar. Namun gara-gara tersandung kasus, Ryder ini harus mendekam di penjara untuk sekian lama. Di sanalah dia bertemu dengan 3 orang, yang akhirnya menjadi rekan dalam kejahatan dan merencanakan sebuah pembajakan kereta bawah tanah. Kereta yang terpilih menjadi korban kejahatan Ryder adalah Pelham 123. Melalui pengalaman Phil Ramos (Luis Guzmán), yang notabene pernah bekerja satu kantor dengan Garber, Ryder sukses membuat gempar kota New York serta membuat kacau balau perdagangan saham Amerika. Tujuannya hanya satu, harta kekayaannya kembali.

Dari pembajakan itulah akhirnya, dua tokoh yang bertentangan ini bertemu. Kisah yang digambarkan hanya terjadi dalam waktu beberapa jam saja ini, menarik serta ringan untuk disimak.

0 comments: