The Miracle Worker



Talk about The Miracle Worker in English

Hellen Keller (Hallie Kate Eisenberg) terlahir sebagai wanita dengan kondisi cacat yang beragam. Buta bisu dan tuli. Cacat itu membuat perilaku Hellen kecil menjadi tidak terkendali di samping kehidupannya yang serba dimanja oleh kemewahan keluarga nya. Kepribadian Hellen kecil menyimpan kemarahan yang luar biasa. Sulit berkomunikasi dan sulit diatur.

Melihat hal itu, orang tua Hellen merasa menyerah dengan sikap anaknya. Mereka berencana untuk mengirim Hellen ke Rumah Sakit Jiwa. Akan tetapi, bahkan Rumah Sakit Jiwa pun angkat tangan dengan perilaku Hellen Keller kecil ini. Mau tidak mau, keberadaan Hellen membuat suasana menjadi kurang harmonis di linkungan kelurga besar Keller.

Perkins Institute For The Blind membantu permasalahan kelurga Keller dengan mengirimkan salah satu pengajar terbaiknya yaitu Annie Sullivan (Alison Elliott). Di sisi lain, Annie yakin bisa mengubah perilaku Hellen Keller menjadi lebih baik.

Setelah berjumpa dan menjalankan terapi pada Hellen Keller, Annie menyimpulkan bahwa perilaku Hellen diakibatkan karena tidak ada yang berusaha mengatur Hellen. Hellen dibiarkan melakukan apa saja sesuai dengan kehendaknya. Kebiasaan itu membentuk pribadi Hellen menjadi pribadi yang manja dan haus perhatian.Bahkan ketika acara makan bersama, Hellen memiliki cara makan tersendiri yaitu mengambil makanan dari piring orang lain. Bila tidak diijinkan maka Hellen akan menjadi marah.

Melihat hal itu, Annie tanpa peduli dengan keadaan Hellen, memberi pelajaran disiplin yang cukup keras. Karena prinsipnya adalah anti untuk berbelas kasihan dengan kondisi cacat Hellen. Namun ajaran Annie itu rupanya tidak membuat keluarga Keller puas. Capt. Keller memutuskan untuk segera mengirim Hellen ke Rumah Sakit Jiwa lainnya.

Annie bersikeras menentang keputusan Capt.Keller (David Strathairn). Annie meyakini bahwa dirinya mampu untuk merubah hidup Hellen menjadi lebih baik daripada dikirim ke Rumah Sakit Jiwa. Annie pun meminta waktu dua minggu untuk bersama-sama dengan Hellen di sebuah gubuk kecil yang jauh dari lingkungan rumah keluarga Keller.

Dengan hidup terpisah dari keluarga Keller membuat Annie lebih leluasa mendidik Hellen. Berawal dari pendidikan yang keras dari Annie Sullivan selama dua minggu itu menjadi titik balik bagi kehidupan Hellen. Hellen secara perlahan mulai fasih berkomunikasi dengan bahasa isyarat khusus.

Annie Sullivan tercatat menjadi guru Hellen Keller seumur hidup Hellen. Prestasi Hellen Keller lainnya adalah berhasil mendapatkan gelar kehormatan dari Radcliff College dan menjadi pengacara ternama di dunia dalam masalah persamaan sosial. Dan, atas segala prestasi itu Hellen dianugerahi Medali Kehormatan dari Presiden Amerika saat itu.


The Miracle Worker (2000)

0 comments: