Burn After Reading



Osborne Cox (John Malkovich) dipecat dari CIA karena kebiasaan buruknya minum-minuman keras sekaligus memiliki mental sangat temperamental. Selepas dari pekerjaannya itu, Osborne berusaha melanjutkan hidup sebagai penulis. Bahan tulisannya adalah seputar hidupnya sebagai agen CIA. Meski pun begitu ternyata sang istri, Katie Cox ,kurang sependapat dengan Osborne Cox.


Katie Cox (Tilda Swinton) adalah seorang dokter anak. Meski bersuamikan seorang agen CIA, Osborne Cox, Katie berani bermain hati dengan pria lain yang juga telah beristri, Harry Pfarrer. Rencana Katie hanya satu saja, segera bercerai dengan Osborne dan menikah dengan Harry.

Harry Pfarrer (George Clooney) hidup dengan pekerjaan yang tidak jelas. Mungkin salalh satu keunggulannya adalah sebagai playboy tua beristri yang trendy. Selalu berganti pasangan kencan. Salah satu korban rayuannya adalah Katie Cox. Belum puas Harry mencoba hubungan melalui internet kencan online dan berkenalan dengan Linda Litzke yang bekerja sebagai instruktur fitness. Karena hobynya bermain api inilah yang menyebabkan Harry menjadi seorang paranoid yang merasa selalu dibuntuti.

Linda Litzke (Frances McDormand) sedang mengalami masa tua yang berat. Masih melajang dan terobsesi pada tubuh seksi. Linda merencanakan operasi bedah yang menuntut biaya besar. Sebuah rencana gila datang ketika di tempat kerjanya ditemukan CD yang berisi kegiatan CIA. Akalnya pun berputar cerdas. Bekerja sama dengan sahabat dekatnya Chad Feldheimer, Linda berniat mengembalikan CD milik Osborne Cox dengan imbalan 50ribu dollar.

Chad Feldheimer (Brad Pitt) adalah seorang instruktur fitness yang aktif dan sangat menikmati hidup. Satu-satunya sahabat baik Linda. Ketika menemukan CD berisi kegiatan CIA milik Osborne Cox, Chad mengusulkan ide gila. Memeras seorang mantan agen CIA. Chad yakin bahwa CD itu sangat berharga meski Osborne Cox menganggap itu bukan rahasia CIA.

Orang-orang ini dipertemukan oleh sebuah CD yang berisi draft buku. Masalah timbul ketika Osborne Cox diusir istrinya sendiri. Dan Linda yang penasaran dengan Osborne Cox memerintahkan Chad untuk masuk ke rumah Osborne Cox mencuri barang-barang Osborne unuk dijual ke Kedutaan Rusia. Tujuannya adalah mendapat uang banyak untuk operasi bedah lemak.

Tidak seperti yang diinginkan, Chad malah terbunuh oleh Harry yang sedang tinggal di rumah Osborne. Sedangkan Osborne Cox yang curiga istrinya berselingkuh malah membabi buta membunuh atasan Linda. Osborne sendiri akhirnya ditembak agen CIA yang bertugas mengawasi rumah Osborne.

0 comments: